Distanpan Abdya Imbau Tiga Jenis Padi Ini Harus Ditanam Petani

Blangpidie, Aceh Bisnis - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Distanpan Abdya) mengelar rapat turun ke sawah musim tanam rendengan Tahun 2018 yang berlangsung di Aula Kantor Penyuluhan Kecamatan Blangpidie Kamis (08/11/18).

Rapat yang dibuka lansung oleh Wakil Bupati Muslizar MT tersebut diikuti ratusan petani. Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Distanpan drh Nasruddin, Kepala BPS Bahruddin, Perwakilan Dandim, Sekretaris Distanpan Bustamam, Hob Keujerun, Keujerun Blang dari sembilan kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Distanpan Kabupaten Abdya, Nasruddin menghimbau untuk musim tanam ini petani diarahkan untuk menanam padi M400 dan padi IPB3S, serta padi Inpari 42.

Menurutnya, tiga jenis nama padi itu sangat cocok ditanam di sawah warga. "Selain cocok, beras padi itu juga sangat enak dikonsumsi. Selain itu, ada juga penangkaran seluas 500 hektare dalam beberapa titik,"sebut Nasruddin.

Ia menyebutkan sesuai rapat, jadwal turun ke sawah musim tanam rendengan Tahun 2018 sebagai berikut, Bulan November 2018 diawali dengan Kenduri Ulee Lhueng, Bulan Noveber hingga Desember yakni pembersihan tali air.

Kemudian, minggu kedua Bulan November hingga minggu pertama Bulan Januari 2019, pengolahan tanah. Kemudian disusul semai benih pads akhir November hingga akhir Desember.

"Penanaman padi dimulai minggu kedua Bulan Desember hingga akhir Januari 2019,"kata Nasruddin. Kemudian selama tiga bulan hingga Februari masa pemeliharaan. Kemudian Bukan Maret diperkirakan masa panen padi.

Dikatakannya, Pemkab Abdya melalui Distanpan menargetkan untuk masa tanam padi dalam setahun harus tiga kali.

Komentar

Loading...