Bupati Abdya Tinjau Pembagunan Masjid Agung

Foto:Yura

Blangpidie, Aceh Bisnis - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH bersama Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Senin (5/11/2018) siang mengunjungi Masjid Agung Kabupaten di Gampong Seunaloh Kecamatan Blangpidie.

Selain kedua orang nomor satu dan dua Kabupaten tersebut, hadir juga Kadis Perkim dan LH Abdya, Firmansyah ST, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Abdya, Ir Moch Tavip MM, Kepala Bapedda Abdya, Liza Marfandi.

Setiba di lokasi, Akmal bersama rombongan disambut oleh Ketua lapangan PT Pilar Jurung Sejati, Baihaqi, selaku pelaksana pembangunan.

"Salah satu tujuan saya mencalonkan diri kembali jadi Bupati di Pilkada yang lalu hanya untuk menyelesaikan Mesjid Agung yang sempat terbengkalai ini,"kata Akmal Ibrahim kepada sejumlah wartawan di lokasi.

Akmal mengaku menahan sedih selama lima tahun setiap kali melintas di jalan Kabupaten tepatnya di depan bangunan ini, lantaran sudah ditumbuhi semak belukar pasca tidak dilanjutkan kembali pembangunanya oleh bupati setelah ia lengser lima tahun lalu.

"Melanjutkan bangunan ini menjadi salah satu motifasinya kembali mencalonkan diri jadi bupati di Pilkada lalu hingga terpilih dan melanjutkan kembali pembangunannya,"sebut dia. Sementara anggaran tahap awal sebesar Rp24 Miliyar untuk pembangunan masjid itu.

"Besar harapan saya masjid ini selesai. Ini sudah riel. Bangunan ini saya yang merancang dari nol, Ide saya. Terbengkalai sudah 5 tahun,"lanjut Bupati Akmal Ibrahim.

Direncanakan, bangunan mesjid yang lantainya akan ditutup dengan keramik seluas 1.800 meter ini, serta memiliki sebanyak 9 kubah diatasnya, termasuk kubah terbesar ditengah. Sementara di sekeliling bangunan di desain taman. Dilantai paling bawah nantinya dijadikan perkantoran khusus kantor yang berkaitan dengan keagamaan.

Bupati Akmal mengatakan, ada keuntungan lain kala nanti pembangunan mesjid ini selesai. Keuntungan ini adalah akan ada peluang pekerjaan untuk masyarakat Abdya. Sebagai petugas pembersih dan posisi-posisi lain yang dibutuhkan.

Sejauh ini, masih kata Akmal, tidak ada kendala apa-apa dalam proses pengerjaan lanjutan pembangunan mesjid itu. "Tidak ada kendala apa-apa, kita harapkan kontraktor bisa mempercepat pengerjaan,"harapnya.

Lebih lanjut Bupati Akmal menargetkan kesiapan 100 persen mesjid itu akhir tahun 2019 mendatang. Untuk itu, ia meminta Kadis Perkim dan LH untuk menyiapkan tender anggaran tahap kedua lanjutan pembangunan masjid ini pada Januari 2019 dengan jumlah anggaran sebesar Rp 30 Miliyar.()

Komentar

Loading...