Cerita Avengers di Antara Jokowi dan Prabowo

Prabowo dan Jokowi (Foto: Pradita Utama/detik.com)

Jakarta, Aceh Bisnis - Ada cerita 'Avengers' yang terselip di antara persaingan kubu capres Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto. Keduanya menggunakan tokoh di Avengers dalam mengumpamakan sesuatu.

Misalnya saat Jokowi mengambil cerita film 'Avengers: Infinity War', dan menceritakan sosok bernama 'Thanos' yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi bumi. Jokowi mengatakan ia dan sesama rekan 'Avengers' lainnya siap mencegah hal tersebut terjadi.

"Thanos ingin memusnahkan setengah populasi karena ia percaya sumber daya planet bumi terbatas," ujar Jokowi saat menyampaikan pidatonya pada World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, Rabu (12/9/2018) lalu.

Menurut Jokowi, pada kenyataannya, sumber daya untuk umat manusia tidak terbatas. Perkembangan teknologi, misalnya, telah menghasilkan peningkatan efisiensi, memberi kita kemampuan untuk memperbanyak sumber daya kita lebih banyak dari sebelumnya.

"Penelitian ilmiah membuktikan, ekonomi kita sekarang lebih 'ringan' dalam hal berat fisik dan volume fisik. Dalam 12 tahun terakhir, total berat dan volume televisi, kamera, pemutar musik, buku, surat kabar, dan majalah telah tergantikan oleh ringannya ponsel pintar dan tablet," kata dia.

Jokowi kemudian bicara soal sumber daya manusia sebagai kekuatan ekonomi. Dia juga membahas tentang industri 4.0 dalam forum tersebut. Di akhir, Jokowi kembali bicara soal 'Thanos'. Dia mengatakan sosok 'Thanos' bukanlah seorang individu, namun sebuah kepercayaan yang salah bahwa untuk mencapai keberhasilan harus saling mengalahkan satu sama lain.

"'Perang yang tak terbatas' bukan hanya tentang perang dagang, namun tentang kita semua agar kembali belajar pada sejarah, bahwa dengan kreativitas, energi, kolaborasi dan kemitraan, kita sebagai manusia dapat menikmati 'kelimpahan', dan kita bisa menghasilkan bukan 'perang yang tak terbatas' melainkan 'sumber yang tak terbatas'," ucap Jokowi.

Tak cuma Jokowi, Timses pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga memakai analogi tokoh Avengers, yakni 'The Winter Soldier'. Adalah Jubir Tim Prabowo-Sandi, Suhud Alynudin, yang mendoakan Prabowo menjadi 'The Winter Soldier' yang membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Semoga Pak Prabowo dapat menjadi 'The Winter Soldier' yang akan mengembalikan Indonesia ke arah kondisi yang baik," kata Suhud kepada wartawan, Rabu (17/10/2018).

Ucapan itu merupakan doa dari Suhud kepada Prabowo yang sedang berulang tahun ke-67. Politikus PKS itu berharap Prabowo dapat mewujudkan Indonesia adil dan makmur. Sebab, hal itu merupakan cita-cita para pendiri bangsa.

"Sekaligus menjawab harapan rakyat Indonesia mewujudkan Indonesia adil dan makmur sesuai yang dicita-citakan para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Suhud.

Komentar

Loading...